Stop Merokok Jika Tak Ingin Tertular Virus Corona, Ini Alasannya..


Presiden Joko Widodo mengumumkan penyebaran virus corona alias covid-a9 sudah sampai ke Indonesia.

Untuk itu, bagi mereka yang merokok alias perokok aktif adabaiknya mulai menghentikan kebiasaan buruknya itu.

Sebab sudah banyak dikabarkan sebelumnya bahwa virus corona sangat rentan menyerang mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kurang baik.

Diketahui rokok sendiri merupakan barang yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Seperti yang diungkap studi yang dipimpin oleh David Scott dari University of Louisville School of Dentistry.

Dimana penelitian tersebut menemukan bahwa sistem kekebalan tubuh seseorang melemah jika memiliki kebiasaan merokok.

Hal ini dikarenakan rokok bisa memicu bakteri jahat di mulut berkembang biak hingga berkoloni.

Dimana lama-kelamaan, bakteri yang berkoloni tersebut bisa menjadi resisten alias bakteri menjadi kebal terhadap obat apapun.

Kondisi ini tentu sangat berbahaya karena bakteri jahat yang berkumpul bisa memancing datangnya berbagai macam virus pemicu penyakit.

"Adapun, jenis bakteri yang diketahui meningkat karena paparan asap rokok adalah Staphylococcus aureus, Streptococcus mutans, Klebsiella pneumonia, dan Pseudomonas aeruginosa," tutur David Scott dikutip dari artikel yang dipublikasikan dilouisville.edu.

Terkait rokok yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, David Scott mengatakan, rokok mengandung bahan kimia beracun yang bersifat karsinogen dan berupa karbon monoksida.

Kedua zat tersebut, jika dihirup apalagi sering tentu dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan merusak organ dalam lainnya.

"Mikroba diketahui menanggapi asap dengan mengubah gen dan protein yang pada gilirannya mengakibatkan pertumbuhan bakteri dan mendorong kolonisasi. Gen berubah, membuat bakteri belajar bagaimana menghindari sistem kekebalan tubuh dan ini membuat mereka lebih sulit dihancurkan," pungkas David Scott.

Inilah menjadi alasan mengapa perokok lebih rentan terhadap gangguan pernafasan parah seperti asma, bronkitis dan bahkan pneumonia.

Oleh karena itu, demi menghindari berbagai masalah kesehatan tersebut termasuk mencegah penularan virus corona hentikanlah kebiasaan merokok sekarang juga.